+622121799321 info@ahliperizinan.com
Pilih Laman
Jasa Pengurusan AMDAL Pertambangan

Jasa Pengurusan AMDAL Pertambangan

Jasa Pengurusan AMDAL Pertambangan

Banyak perusahaan pertambangan saat ini membutuhkan jasa pengurusan AMDAL pertambangan sebelum mulai menjalankan memproduksinya.

Regulasi yang ketat membuat perusahaan pemohon harus mematuhi aturan tersebut, terutama untuk menjalankan proses produksi. AMDAL sendiri merupakan singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Pemerintah telah mengatur analisis ini dalam Peraturan Pemerintah No.27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

Secara teknis, AMDAL merupakan bentuk kajian baik buruknya sebuah rencana bagi kelestarian lingkungan. Setiap perusahaan harus memiliki analisis ini jika ingin memiliki izin mengelola atau memproduksi dalam kawasan tertentu.

Kajian AMDAL Berdasarkan Beberapa Aspek

Analisis terhadap lingkungan dapat terjadi berdasarkan beberapa aspek. Pemohon harus mempertimbangkan aspek fisik, biologi, kimia, hingga kesehatan masyarakat. Hasilnya, akan terlihat berapa tingkat dampak positif atau negatifnya.

Dari analisis tersebut, dampak positif maupun negatif bisa diketahui. Sebagai contoh, rencana kegiatan tidak layak lingkungan jika dampak negatifnya terlalu besar. Oleh sebab itu, pemohon tidak dapat melanjutkannya.

Namun, hal tersebut juga bisa terjadi jika dampak negatifnya tidak dapat terselesaikan oleh teknologi saat ini. Bisa juga karena kebutuhan biaya untuk memperbaiki dampak lingkungan lebih besar dari nilai keuntungan.

Oleh sebab itulah rencana kegiatan pertambangan yang telah mendapatkan predikat tidak layak lingkungan tidak bisa berlanjut aktifitasnya. Pemerintah akan mencabut izin dari perusahaan yang bersangkutan untuk menghentikan usaha pertambangan.

Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan

Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL) merupakan kumpulan dokumen kedalaman ANDAL. Kedalaman ini berkaitan dengan metodologi dalam studi untuk mengkaji dampak.

Metodologi ini sangat penting untuk objektifitas hasil kajian. Selain itu, ruang lingkup serta kedalaman kajian merupakan hasil kesepakatan antara Pemrakarsa Kegiatan dan juga Komisi Penilai AMDAL.

Biasanya, perusahaan akan meminta bantuan dari penyedia jasa pengurusan AMDAL pertambangan. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Proses penentuan kedalaman metodologi akan berpengaruh terhadap sejauh mana dampak yang akan terjadi. Apalagi, kaitannya dengan pertambangan dalam kawasan tertentu.

2 Rencana untuk Mencegah Terjadinya Dampak Tidak Terduga

Dalam kerangka yang telah ada sebelumnya, metodologi juga akan memuat upaya-upaya tertentu yang harus perusahaan pemohon lakukan. Ada dua rencana yang setidaknya harus melakukannya untuk mencegah terjadinya dampak tidak terduga.

  1. Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL)

Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) adalah kumpulan dokumen yang memuat tindakan tertentu. Tindakan ini berkaitan dengan upaya pencegahan, pengendalian, hingga penanggulangan dampak lingkungan yang bersifat negatif.

Dalam dokumen ini, juga ada upaya untuk memaksimalkan dampak positif yang terjadi dalam kegiatan pertambangan. Dengan adanya dokumen tersebut, maka pemohon akan memiliki garis dasar tindakan apa yang perlu.

  1. Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL)

Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL) merupakan kumpulan dokumen yang isinya berkaitan dengan upaya pemantauan untuk melihat adanya perubahan yang terjadi akibat kegiatan.

Perubahan tersebut bisa berupa perubahan positif atau negatif. Nantinya, hasil dari pemantauan akan memakainya untuk melakukan evaluasi efektifitas tindakan yang perusahaan lakukan. RPL juga menjadi dokumen untuk melihat sejauh mana perusahaan menaati aturan atau regulasi dari pemerintah.

Jasa Pengurusan AMDAL Pertambangan Sangat Penting

Perusahaan pertambangan biasanya bisa mengurus AMDAL secara mandiri atau menyewa penyedia jasa. Umumnya, setiap perusahaan pertambangan sudah memiliki tim hukum sendiri yang khusus mengurus semua masalah AMDAL.

Namun, bukan berarti tim hukum tidak membutuhkan pihak lain. Penyedia jasa AMDAL biasanya juga memiliki kontrak untuk membantu perusahaan.

Tujuannya untuk menjaga perusahaan mematuhi setiap regulasi yang telah ada. Analisis terhadap dampak lingkungan jadi syarat utama sebelum adanya proses pertambangan.

Pemantauan serta pengelolaan menjadi masalah serius dalam aspek lingkungan. Itulah mengapa jasa pengurusan AMDAL pertambangan jadi semakin penting.

Baca Juga : Daftar TKDN

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA :

Email : info@indonesiaconsultant.co.id